Search

Artika Sari Devi Kenalkan Bahasa Jawa Pada Buah Hati Agar Kenal Budaya Bangsa

Kapanlagi.com - Artika Sari Devi ingin kenalkan identitas bangsa sejak dini kepada dua anaknya, Sarah Ebiela Ibrahim dan Dayana Zoelie Ibrahim. Puteri Indonesia 2004 mengajarkan kepada anak-anaknya, untuk bisa berbahasa Jawa. Terlebih Artika Sari Devi dan suaminya, Baim, sama-sama keturunan Jawa. Meskipun Artika Sari Devi lahir dan tumbuh di Pangkal Pinang, Sumatera Selatan.

"Jadi bahasa yan pertama kali saya kenalkan ke anak-anak itu adalah bahasa ibu, karena saya pikir anak sadar betul dia orang Indonesia, dan dia harus tau darimana dia berasal," ujar Artika Sari Devi ditemui di Hotel Century, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/3/2018).

"Jadi kalau nanti dia kemudian meninggalkan Indonesia, dia tahu berasal dari mana dan dia bangga dengan identitasnya sebagai bangsa Indonesia," lanjut Artika.

Artika saat berlibur bersama anaknya. (instagram.com/artikasaridevi)Artika saat berlibur bersama anaknya. (instagram.com/artikasaridevi)

Menurut Artika, sudah sepatutnya orangtua memperkenalkan keanekaragaman yang ada di Indonesia. Sebab dengan begitu anak-anak kan terbiasa dengan lingkungannya, dan lebih menggenal Indonesia.

"Anak-anak saya itu, kita membiasakan diri mengenal kearifan lokal. Selain makanan makanan Indonesia ya, bahasa2 daerah, itu juga saya kenalkan salah satunya bahasa Jawa," ujar Artika Sari Devi.

"Ada tetangga saya kebetulan orang Batak, saya juga biarkan mereka berteman dan membiasakan mereka berteman dengan bahasa-bahas dan istilah-istilah Batak gitu misal ya dan anak-anak saya memang senang belajar bahasa," sambungnya.

Artika mengakui tak menemukan kendala saat mengajarkan bahas daerah pada kedua putrinya. Sebab anak-anak yang masih usianya di bawah 10 tahun, memiliki ingatan yang baik untuk belajar.

"Enggak (sulit), anak-anak itu usia 0-5 itu sifatnya kaya spons, dia lihat dia rekam itu dia lebih inget dari pada kita yang memorinya sudah overload gitu jadi kadang-kadang dia yang ingetin," kata Artika Sari Devi.

Reporter: Sapto Poernomo

Baca juga:
Berita Foto

(kpl/bin/rna)

Let's block ads! (Why?)

https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/artika-sari-devi-kenalkan-bahasa-jawa-pada-buah-hati-agar-kenal-budaya-bangsa-531d65.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Artika Sari Devi Kenalkan Bahasa Jawa Pada Buah Hati Agar Kenal Budaya Bangsa"

Post a Comment


Powered by Blogger.