Search

Dokter Tompi Jelaskan Langkah-Langkah Detail Operasi Kelamin Pria ke Wanita

Kapanlagi.com - Sejak beberapa waktu belakangan, publik Indonesia ramai membahas tentang dugaan operasi kelamin yang dilakukan Lucinta Luna. Meski begitu, tidak banyak yang tahu bagaimana detail proses seseorang melakukan operasi bedah kelamin di Indonesia. Dokter Tompi pun berbagi pengalamannya menjadi asisten di tim dokter yang melakukan operasi kelamin dari pria ke wanita.

Menurut Dokter Tompi, proses sebelum operasi cukup panjang karena harus memastikan apakah pasien benar-benar ingin melakukan ganti kelamin. Jika memang pasien siap secara fisik dan mental setelah menjalani sederetan tes, baru operasi akan dilakukan.

Untuk tahap-tahap detail operasi sendiri ternyata begitu rumit. Bahkan untuk proses sembuh total dan jaringan sembuh sempurna, pasien operasi kelamin dari pria dan wanita butuh waktu yang cukup lama, yakni enam bulan hingga 12 bulan.

Semua aset termasuk teks, foto dan video dalam konten ini adalah eksklusif milik KapanLagi Youniverse (KLY). Dilarang menggunakan tanpa izin tertulis dari Kapanlagi.com. Menghilangkan sebagian kecil atau besar detail konten merupakan pelanggaran hak cipta yang dilindungi oleh Undang-Undang dan akan kami proses sesuai hukum yang berlaku.

Operasi bedah kelamin itu tak bisa diulang / Credit: KapanLagiOperasi bedah kelamin itu tak bisa diulang / Credit: KapanLagi

"Yang saya tahu dan pernah lihat. Ini kita ngomong dari laki-laki ke perempuan ya, (Maaf) penisnya itu akan 'ditelanjangi' atau dikulitin, jadi cuma salurannya aja dipertahankan, dia masih bisa pipis. Jadi prinsipnya kan menghilangkan batangnya. Struktur-struktur yang bisa diselamatkan akan dikaitkan ke dalam, dibikin rongga di dalam. Jadi sebenernya rongganya nggak panjang-panjang amat. Kalau pada perempuan kan rongga vagina kan nyatu sampe akan ketemu mulut rahim di dalam. Kalau ini kan memang karena nggak ada rahimnya ya rongga panjang aja. Jadi kalau suatu saat dia berhubungan (seksual), sebenernya (maaf) penis cuma berhubungan di lorong itu aja sebenernya nggak pernah lebih jauh lagi," urai Tompi kepada tim ®KapanLagi.com.

Dari proses ini, para dokter akan mengambil kulit dari bagian tubuh lain untuk ditempel di lubang vagina dan membentuknya mirip yang asli. Bahkan setelah operasi selesai, masih banyak langkah-langkah penyembuhan. Termasuk menjaga agar rongga tidak menutup saat sembuh nantinya.

Simak penjelasan lengkap dari Dokter Tompi untuk proses operasi kelamin dari awal hingga seseorang benar-benar memiliki kelamin baru di sini. Untuk video wawancaranya, kamu bisa mengintip rekamannya berikut!

#Jangan Lewatkan

(kpl/gtr/jje)

Let's block ads! (Why?)

https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/dokter-tompi-jelaskan-langkah-langkah-detail-operasi-kelamin-pria-ke-wanita-263127.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dokter Tompi Jelaskan Langkah-Langkah Detail Operasi Kelamin Pria ke Wanita"

Post a Comment


Powered by Blogger.